Get me outta here!

Selasa, 31 Mei 2011

Huruf Comic Sans Bisa Meningkat Daya Ingat

Jenis huruf Comic Sans tidak begitu populer di kalangan pengguna internet. Namun hasil riset terbaru menemukan bahwa huruf yang tampak kekanakan ini justru membantu pembaca untuk lebih mengingat artikel yang mereka baca.
 Dirilis oleh Microsoft pada 1994, Comic Sans ternyata menjadi jenis huruf yang cukup dibenci pengguna internet. Beberapa tahun lalu bahkan sempat muncul kampanye internet untuk menghilangkan huruf tersebut oleh para desainer dan ahli tipografi.

Terinspirasi dengan hal tersebut, sejumlah ilmuwan Amerika Serikat dari Princeton University dan Indiana University memutuskan untuk meneliti efek Comic Sans dalam membaca dan mengingat.

Tim peneliti kemudian mengajak sekira 28 partisipan untuk mengingat setidaknya tiga karakter fiksi dalam sebuah cerita. Satu grup mendapatkan daftar karakter dengan jenis tulisan Arial (16-poin), sementara dua grup lainnya menerima jenis huruf Comic Sans 12 poin atau Bodoni MT, juga berukuran 12 poin.

Dari data yang ditemukan, penulis utama penelitian ini, Connor Diemand-Yauman, mengklaim bahwa huruf Comic Sans ternyata memiliki kelebihan dibandingkan dua huruf lainnya.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa kami bisa meningkatkan memori seseorang dengan meminta mereka membaca informasi yang ditulis dengan huruf yang lebih sulit untuk dibaca," jelas Diemand-Yauman kepada radio ABC.

"Partisipan akan mengingat informasi itu dengan jauh lebih baik jika huruf dalam artikel itu lebih sulit dibaca. Kami sangat senang dengan penemuan ini," pungkasnya. (Okezone/ABC & ketok.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar